Create EC2 Instance Windows Server 2019 - about IT

Create EC2 Instance Windows Server 2019

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai! Bertemu lagi dengan saya Natasya Putri di about IT. Pada penulisan kali ini saya akan menjelaskan cara untuk mencreate EC2 Instance Windows Server 2019 dengan menggunakan AWS. 

Pada penulisan sebelum nya saya sudah menjelaskan apaitu Amazon Web Services (AWS). Sebelum masuk ke dalam langkah-langkahnya, Simak penjelasan berikut :

Sejarah AWS

Amazon Web Services adalah sekumpulan layanan-layanan berbasis cloud computing yang di sediakan oleh amazon sejak tahun 2002. Meskipun salah satu perusahaan raksasa internet ini sering kita kenal untuk membeli buku dan lagu, tetapi sekarang amazon menambah layanannya dalah hal ini infrastruktur coud computing. AWS ini menyediakan layanan-layanan yang saling terintegrasi dan mudah kostumisasi. PAda tahun 2006, amazon mengenalkan Amazon's Elastic Computer Cloud (EC2) sebagai sommercial web service yang menyediakan akses cloud kepada perusahaan dan individu unutk menyewa komputer storage yang bisa digunakan sebagai platfrom pemgembangan aplikasi secara online.

Apa itu Cloud Computing?

Menurut istilah, Cloud biasa diartikan sebagai internet sedangkan Computing diartikan sebagai komputer.

Menurut Bahasa, Cloud Computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama.

Manfaat Amazon Web Services (AWS) :

  • AWS menyediakan layanan infrastruktur kunci bisnis dunia yang bermanfaat untuk membangun bisnis perusahaan dan sebagai akses penawaran produk sari suatu perusahaan ke perusahaan lain.
  • AWS juga menyediakan layanan cloud computing sehingga pengguna dapat menyimpan data secara permanen didalam server di internet.
Setelah kalian menyimak penjelasan diatas, Perangkat yang dibutuhkan yaitu :
  1. AWS account
  2. PC atau laptop
  3. Internet
Jika semua sudah siap kita lanjut ke langkah-langkahnya :
1. Buka web AWS di google dengan url https://aws.amazon.com/education/awseducate/. Kemudian klik Sign in to AWS educate untuk login.
2. Masukkan Email dan Password yang kalian gunakan sebagai akun AWS kalian, jika sudah kliik Sign in
3. Dibawah ini merupakan tampilan awal pada saat kalian login ke akun AWS. Disini saya mengguakan akun siswa.
4. Selanjutnya klik AWS Account pada menu atas.
5. Pada menu AWS Account ini dapat dilihat bahwa credit yang dimiliki berjumalh 74 dan masa berlakunya hinnga 21 oktober 2021. Lalu klik pada AWS educate starter acccount.
6. Disini kalian dapat melihat status dari akun AWS kalian yaitu Active, jumlah credits yang dimiliki $74,99 dan waktu yang diberikan 2:60 sekitar 3jam. Selanjutnya klik AWS Console.
7. Pada menu AWS Management Console di recently nya kita pilih EC2.
8. Selanjutnya pada menu instance pilih Launch Instances unutk membaut instance yang baru.
9. Kemudian kita akan masuk kedalam tahap-tahap pembuatan instance nya. Tahap pertama yaitu menentukan terlebih dahulu Amazon Machine Image (AMI) atau sistem operasi yang akan diinstall. Untuk kali ini saya menggunakan sistem operasi Windows server 2019. Jangan lupa untuk mencentang free tier only lalu Select pada Microsoft Windows Server 2019 Base.
10. Tahap kedua yaitu memilih Instance Type, disini kita pilih type t2.micro yang Free Tier lalu klik Next: Configure Instance Details.
11. Tahap ketiga yaitu Configure Instance Details, disini kita gunakan default saja lalu klik Next: Add Storage.
12. Tahap keempat yaitu Add Storage, pada konfigurasi ini saya juga biarkan default saja. Disini dapat dilihat ukuran hardisk yang digunakan. Lalu klik Next: Add tags.
13. Tahap kelima yaitu Add tags, untuk tags nya kalian dapat isi sesuai dengan keinginan kalian. Disini untuk key nya saya menggunakan winservernatasya dan value nya Windowsserver26. Jika sudah buat tagsnya klik Next: Configure Security Group.
14. Tahap keenam yaitu Configure Security Group, disini untuk nama security group nya saya menggunakan Windowsserver2019 dan Type yang digunakan yaitu RDP untuk meremote servernya nanti. Lalu klik Review an Launch.
15. Tahap ketujuh yaitu Review instance Launch, jika semua konfigurasi sudah benar klik Launch.
16. Kemudian sebelum mengakses server kita diharuskan untuk membuat key pair yang akan digunakan nanti. Untuk membuat key nya pilih Create a new key pair lalu buat nama untuk key pair nya(keywinservernatasya26), jika sudah klik Download Key Pair.
17. Tunggu sampai key pair dengan ekstensi .pem selesai terdownload. Jika sudah klik Launch Instances.
18. Setelah itu akan muncul tampilan dari Launch status yang sudah launching, scroll kebawah lalu klik View Instance.
19. Nah, dapat dilihat dibawah ini bahwa status dari instance yang telah kita buat sudah Running dan status check pada instance kita adalah initializing. Disini kalian juga dapat mengubah nama dari instance kalian dengan cara klik 2 kali pada kolam name.
20. Kemudian kita lanjutkan untuk pengujiannya dengan mengakses servernya, masuk ke menu Connect Instance lalu sesuaikan dengan typr protokol yang dipilih pada Configure Security Group yaitu RDP client. Dapat dilihat bahwa username server adalah administrator dan unutk mengetahui passwordnya klik Get password.
21. Setelah itu klik Browse dan pilih key pair yang sebelumnya sudah di download. Jika sudah klik Decrypt Password untuk memulai proses generate.
22. Lalu copy password, password ini digunakan untuk mengakses server diclient nanti.
23. Kemudian kalian buka aplikasi Remote Desktop Protocol (RDP),  Setelah itu masukan Public DNS kalian dapat mencopy nya saja. Lalu klik connect.
24. Lalu masukkan username server yaitu administrator dan paste saja password yang sebelumnya dicopy, lalu klik OK.
25. Selanjutnya akan muncul pop up seperti dibawah ini yang bertujuan untuk verifikasi agar kita dapat mengaksesnya. Kita klik Yes.
26. Dibawah ini merupakan tampilan ketika windows server 2019 kita remote. Di pojok kanan atas merupakan details instance yang digunakan.
27. Selanjutnya jangan lupa untuk mematikan server, dengan cara klik kanan pada server -> Stop instance. Jangan dilupakan ketikan server dimatikan credits juga dapat berkurang.
28. Jika ada pop up untuk konfirmasi untuk mematikan server klik Stop.
29. Jika status dari instance nya sudah Stopped maka servernya sudah berhasil dimatikan. 

Note : Jika server benar-benar sudah tidak digunakan sebaiknya kalian Hapus/Terminate servernya untuk menghemat credit yang dimiliki. Untuk caranya ada di blog ku sebelumnya yhaaa! Di sini

Sekian penjelasan saya mengenai cara membuat EC2 Instance Windows server 2019 dengan menggunakan AWS. Kurang lebihnya mohon maaf yha! sampai bertemu diblogku selanjutnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.